Joomla Gratis Templates by Best Web Host

Warning: include(html/template.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/sibc3325/public_html/templates/business/index.php on line 101

Warning: include(): Failed opening 'html/template.php' for inclusion (include_path='.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php') in /home/sibc3325/public_html/templates/business/index.php on line 101

Mengapa Pembeli Harus Tahu Density Kayu Balsa

Penjual Balsa profesional memberikan informasi density balsa kepada pembeli, mengapa?

 
 timbangan
 

 

 

 

Kayu Balsa Wood berbeda dengan jenis kayu lainnya dalam hal aplikasi. Penggunaan kayu balsa wood yang semakin meluas menuntut pemisahan density atau berat jenis kayu balsa secara lebih spesifik. Menjual kayu balsa tanpa pemisahan density menunjukkan bahwa penjual tidak profesional dan tidak mengetahui secara detil tentang barang yang dijualnya. Hal ini bisa merugikan konsumen/pembeli. Density balsa semakin berat artinya kekuatan semakin tinggi. Balsa berat hampir sama dengan kayu sengon dari segi density- nya. Akan tetapi balsa density berat dari sisi kekuatan kayu lebih baik dibanding kayu sengon karena struktur serat kayu balsa yang lebih baik. 

Dalam hal hobby dan aeromodelling yang sudah menggunakan balsa wood secara luas membutuhkan informasi berat jenis atau density kayu balsa. Sebuah rangka pesawat balsa tidak harus semua menggunakan balsa density light, ada bagian tertentu yang sebaiknya justru menggunakan balsa medium bahkan berat/heavy seperti ujung fuselage. Pesawat model dengan sistem rangka kayu balsa dengan cover paper, justru disarankan untuk bahan kayu balsa stik dengan density medium sampai berat. Berbeda dengan glider yang membutuhkan full body kayu balsa, disarankan menggunakan balsa ringan.

Penggunaan balsa wood untuk bridge contest sangat memperhitungkan berapa berat jembatan yang dibangun dan bagaimana kekuatannya. Sehingga informasi dan pemilihan density balsa sangat penting dalam hal ini. 

Balsa wood untuk industri komposit yang banyak diaplikasikan untuk kapal boat building, marine transportation, wind energy, dsb dengan sistem sandwich composite lebih banyak menggunakan balsa medium yaitu 150 kg/m3. Mereka tidak menggunakan balsa ringan yang strukturnya lebih lunak ataupun balsa berat karena berat total kapal boat akan bertambah. Berat ringannya kapal boat tentunya berpengaruh terhadap daya apung dan konsumsi bahan bakar. 

Kayu balsa untuk kerajinan tangan, hand made, gift, advertising biasanya lebih toleran terhadap density balsa. Artinya mereka bisa menggunakan semua density. Akan tetapi pada produk tertentu para pengrajin lebih suka balsa berat dengan alasan lebih kuat. 

Berikut adalah tabel simulasi density balsa yang digunakan oleh sibalsa.com 

Tabel berat density balsa

Terkadang penjual balsa memberikan harga yang berbeda untuk tiap density balsa, tetapi ada juga penjual yang memberikan harga yang sama demi memberikan pelayanan dan kepuasan untuk pembelinya. Pemisahan density ini tentu saja memberikan pekerjaan tambahan untuk penjual, karena dia harus menimbang semua balsa yang akan dijual untuk menentukan kelas density-nya. 

 

 

 


Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/sibc3325/public_html/modules/mod_nice_social_bookmark/mod_nice_social_bookmark.php on line 151
FacebookTwitter

related article